Thursday 14 July 2016

Botok Tawon, Sensasi Botok dari Lebah Menyengat



Tak banyak memang yang mengenal botok tawon. Sajian kuliner yang satu ini memang berbeda dari biasanya. Banyuwangi memang identik dengan kuliner unik yang menggabungkan dua jenis makanan. Namun kali ini Anda bisa menemukan menu botok tawon di Banyuwangi. Tepatnya di warung sederhana milik Bu Misnah, di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Bagi yang tidak biasa botok tawon memang sedikit aneh. Tapi jangan salah botok tawon cukup nikmat disajikan bersama dengan nasi panas. Racikan bumbu yang pas mampu menggugah selera bagi para pecinta kuliner. Saat pincukan daun pisang dibuka aroma segar dan sedap langsung terasa. Cita rasanya juga beragam asam, manis, asin, pedas dan gurih.

Biasanya botok terbuat dari ampas bungkil kelapa yang telah dibumbui dengan bahan utama berupa tempe, tahu, teri atau udang. Sedangkan botok tawon di dalamnya berisi sarang beserta anakan tawon yang masih menempel pada sarang dan siap disantap. Botok tawon memang menyajikan kuliner yang berbeda. Tawon yang dipilih adalah tawon usia muda. Saat dikunyah sarang tawonnya terasa empuk dan kenyal.


Botok tawon memang paling pas disajikan selagi hangat. Cara pengolahannya juga tidak tergolong susah. Irisan sarang dan anak lebah dimasukkan pada pincukan daun pisang. Kemudian disiram dengan kuah yang telah dibumbui dengan gula merah, lombok, asem, tomat serta bawang merah. Barulah kemudian direbus hingga daun pisang berwarna kecokelatan.

Penikmat botok tawon memang cukup banyak bahkan dari luar kota. Dalam sehari warung Bu Misnah menghabiskan sekitar 10 kilogram sarang dan anakan lebah sebagai bahan utama membuat botok tawon. Tapi juga tergantung ketersediaan bahan yang dicari karena tawon muda juga terbilang sulit. Tak heran terkadang botok tawon hanya tersedia pada waktu-waktu tertentu. Harga satu bungkus botok tawon sekitar Rp 6.000 sampai Rp 7.000 saja.

Tak hanya sebagai makanan biasa, botok tawon disinyalir memiliki beberapa manfaat. Botok tawon dapat mengurangi rasa pegal-pegal dan menguatkan stamina tubuh. Tak hanya itu botok tawon juga berkhasiat menyembuhkan penyempitan sel tubuh dan memperbaiki penyumbatan pada sendi.


No comments:

Post a Comment