Monday 21 March 2016

Kenapa Bukit Hijau Ini Disebut Pulau Merah?


Deretan payung merah tampak begitu rapi tertata menghiasi pasir putih di pantai Pulau Merah Banyuwangi. Langit yang cerah semakin membuat suasana pagi begitu semarak dengan lalu lalang pengunjung di Pantai yang berada di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi.  Tampak sebuah bukit hijau kecil dengan tanahnya yang merah berdiri kokoh di bibir pantai, seolah tak berkeming dihantam deburan ombak laut selatan yang terkenal besar itu.

Warna merah tanah di bukit kecil itu akan semakin terasa membara ketika terik matahari panas membakar bumi, dari kejauhan sensasi merahnya tersebut terlihat seperti sebuah pulau yang terbakar ditengah lautan yang sangat luas. Bahkan jika diperhatikan lebih seksama warna pasir yang ada di Pulau merah tidak berwarna putih pekat, tetapi berwarna sedikit kemerahan.

Tidak ada data pasti tentang mengapa warna merah itu muncul di bebatuan yang ada di Pulau merah. Warna merah itu di sebabkan bebatuan yang ada di pulau merah mengandung mineral yang cukup tinggi yang kemudian terkena sinar ultraviolet. Proses mineralisasi inilah yang memunculkan warna kemerah-merahan di bebatuan dipantai Pulau Merah.

Sensasi merah begitu terasa ketika kita berada di pantai ini. Di sepanjang pantai kita bisa melihat  deretan payung merah di sepanjang pantai. Sebuah pemandangan yang kontras deretan payung merah di sepanjang pasir putih. Kombinasi yang kontras ini yang mengingatkan kita dengan sang saka merah putih. Payung merah tersebut dipasang untuk para wisatawan yang ingin menikmati gugusan pulau merah dan deburan ombak dengan santai di bibir ombak, cukup membayar dua puluh ribu rupiah kita bisa menikmati fasilitas payung merah di pantai Pulau Merah ini.

Hamparan pasir putih sepanjang tiga kilometer, dan ombak laut yang tidak begitu besar membuat pantai pulau merah cukup nyaman sebagai destinasi wisata keluarga dan tempat yang nyaman dan aman bagi peselancar pemula untuk menguji kemampua berselancar di pantai yang dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.




Saat laut sedang surut, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan kaki menyusuri permadani putih yang memanjang sejauh tiga kilometer. Sensasi merah akan semakin tampak jika kita menikmati keindahan alam pulau ini hingga sore hari. Dilihat dari sisi timur sensasi sunset yang luar biasa dapat kita saksikan. Matahari yang hampir rebah menjemput malam seolah tenggelam di balik Pulau Merah.

Saat ini Pantai Pulau merah menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, semenjak diselenggarakanya Tour De Ijen dan Red Island International Surfing Competition, kunjungan wisatawan meningkat cukup tajam.

Pulau Merah terletak di Desa Sumber Agung kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi sekitar 60 km dari arah Banyuwangi kota dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan. Akses ke pantai Pulau Merah lebih mudah dibandingkan Pantai Plengkung. Kondisi jalan yang mulus membuat kita tidak kesulitan untuk berkunjung ke pantai ini. Tinggal mengikuti papan arah dari disepanjang jalan dari arah Banyuwangi atau Jember kita dengan mudah akan sampai di pulau merah.

No comments:

Post a Comment