Thursday 9 June 2016

Menonton Awan Kinton dari Puncak Cikuray


Sebenarnya Garut memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Hanya saja sedikit sekali yang mengenal pantai Pamengpeuk, Santolo, Ranca Buaya, Sayang Heulang, Karang Parange, Sancang, Pangandaran, Cipatujah, yang pemandangannya tidak kalah indah. Sedangkan untuk wilayah pegunungan, ada tiga gunung yang cukup diperhitungkan. Di antaranya, Papandayan, Cikuray, Guntur.

Ketiga gunung itu adalah gunung yang merangsang para pendaki untuk menaklukkan puncaknya. Untuk gunung Papandayan, adalah gunung yang paling laku dikunjungi. Sedangkan Guntur, gunung yang paling jarang dijamah, karena masih jarang dikenal. Nah, kali ini jelajah.travel akan mengajak pembaca untuk mengikuti perjalanan menuju puncak Cikuray. Gunung yang memiliki ketinggian 2.821 mdpl ini, berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang dan Dayeuh Manggung.

Gunung Cikuray termasuk sebagai gunung yang tidak aktif dan identik dengan bentuknya yang menyerupai kerucut raksasa. Oleh karena itu, berdasarkan karakteristik bentuknya, di gunung ini sulit ditemukan mata air sepanjang perjalanan menuju puncak. Jalur pendakian gunung Cikuray sangat unik dan menantang. Trek yang terjal dan sulit menjadi tantangan tersendiri untuk mencapai puncak pendakian gunung ini. Sehingga, untuk mencapai puncak gunung, para pendaki dapat menempuh perjalanan dalam waktu 7-8 jam pendakian.


Kebanyakan, untuk mencapai puncak Cikuray, para pendaki mengawali perjalanan melalui desa Dayeuh Manggung kecamatan Cilawu, Garut. Dibanding dengan jalur Bayongbong atau Cikajang. Jalur ini relatif lebih mudah untuk didaki menuju puncak. Dari terminal bus Guntur, Garut, dapat dilanjutkan dengan menggunakan angkot bernomor 06, trayek Garut-Cilawu dengan tarif sekitar Rp. 3000,-. Lalu turun di Patrol dan kemudian lanjut menuju perkebunan teh Dayeuh Manggung.

Dari Patrol, pendaki dapat menyewa jasa ojek dengan tarif sekitar Rp. 20.000. Bagi yang ingin berjalan kaki, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam menuju pemancar. Kondisi jalan menuju pemancar sendiri merupakan jalan beraspal dan melewati pemukiman penduduk. Setelah itu akan melewati perkebunan teh dengan jalan berbatu dan cukup membosankan namun sangat indah pemandangannya.

Sebelum meelanjutkan pendakian, sudah lumrah bagi para pendaki mempersiapkan kebutuhan air bersih untuk pendakian di pos pemancar. Karena setelah itu tidak akan ditemukan lagi sumber air bersih, hingga menuju puncak. Setelah menyiapkan semuanya di camp pemancar, pendakian dimulai dengan melalui jalan setapak perkebunan teh. Sehabis perkebunan teh, akan dijumpai jalur dengan bukit ilalang dan selanjutnya memasuki hutan yang semakin lebat ke dalamnya.



Dari sinilah tantangan akan terjalnya gunung ini dapat dinikmati hingga menuju puncak bayangan. Waktu tempuh dari camp pemancar menuju puncak bayangan sekitar 4-5 jam. Di sini pendaki dapat mendirikan tenda karena areanya yang cukup luas atau sekedar istirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak.

Dari puncak bayangan, pendakian dilanjutkan agak ke kanan untuk menuju puncak Cikuray. Perjalanannya sendiri membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam pendakian. Jalur menuju puncak gunung ini sudah agak terbuka vegetasi hutannya dan berbatu sehingga dituntut untuk tetap hati-hati.

Pendakian akan berakhir di puncak Cikuray. Terdapat sebuah shelter permanen yang bisa digunakan untuk tempat istirahat atau bermalam sekalipun. Area puncak Cikuray cukup luas dan dapat memuat hingga sekitar 10 tenda. Namun angin di area ini cukup kencang, oleh karena itu untuk dapat dijadikan pertimbangan jika ingin mendirikan tenda di sini.

Terhampar pemandangan yang indah sekali dari puncak, Gunung Papandayan terlihat jelas dari area ini serta lautan awan kinton seperti sedang berpawai. Selain itu kita juga dapat menikmati pemandangan kota Garut dari ketinggian. Hanya ada dua kata untuk menuju puncak: atur nafas atau turun kembali karena kelelahan. (ali ibnu anwar)


2 comments:

  1. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk AKI.NAWE kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual KI NAWE meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya KI NAWE lah yang bisa merubah nasib kami..KI NAWE orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 085=218=379=259=AKI NAWE,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.






    ReplyDelete
  2. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

    ReplyDelete